Senin, 22 Juni 2020

Variasi Makanan yang Mengandung ‘Estrogen’, dari Kedelai Hingga Brokoli

SHARE




Susu kedelai memiliki kandungan isoflavon yang bisa bertindak selaku fitoestrogen Salah satunya persoalan wanita yang masuk babak menopause ialah turunnya kandungan estrogen untuk hormon wanita. Pengurangan estrogen ini bisa menyebabkan gejala-gejala, seperti rasa kepanasan (hot flash) serta berkeringat pada malam hari. Pada step ini, makanan yang memiliki kandungan ‘estrogen', atau disebutkan dengan fitoestrogen, disampaikan bisa memberi kekuatan faedah.

Makanan yang memiliki kandungan estrogen, bagaimana pengaruhnya pada badan?Sebetulnya, ‘estrogen' yang disebut untuk muatan makanan ialah fitoestrogen. Fitoestrogen adalah senyawa dalam tumbuhan yang mempunyai susunan kimia seperti dengan estrogen serta disampaikan bisa mengikuti langkah kerja hormon ini.

Fitoestrogen bisa melekat pada reseptor estrogen di beberapa sel badan, hingga dipercaya mengubah peranan estrogen. Tetapi, penting untuk dikenang jika kecuali dapat tingkatkan, beberapa macam fitoestrogen dapat juga menurunkannya.

Sampai sekarang ini, fitoestrogen masih memunculkan bermacam pro-kontra di golongan beberapa pakar. Tetapi, faedah fitoestrogen dari makanan disampaikan semakin kuat dibanding efeknya pada kesehatan.

Fitoestrogen juga disampaikan tawarkan bermacam faedah kesehatan, seperti mengatur kandungan cholesterol, menurunkan tanda-tanda menopause, sampai turunkan efek osteoporosis serta kanker payudara. Tetapi ingat, bijaklah dalam konsumsi makanan apa saja serta tidak terlalu berlebih.

Makanan yang memiliki kandungan ‘estrogen' yang dapat divariasikanBerikut ini beberapa macam makanan yang memiliki kandungan ‘estrogen' yang dapat divariasikan dengan makanan sehat lain:

1. Kacang kedelaiKacang kedelai serta produk turunannya, seperti susu kedelai, kaya dengan fitoestrogen yang disebutkan isoflavon. Isoflavon mempunyai dampak seperti estrogen dengan mengikuti langkah kerja hormon wanita itu. Isoflavon disampaikan memunculkan peluang dua dampak pada estrogen darah, yaitu meningkatkannya atau menurunkannya.

Cara Melatih Ayam Laga Agar Menjadi Ganas Di Arena Tarung

Dalam analisa yang dimuat dalam jurnal Cancer, responden wanita yang konsumsi suplemen isoflavon alami pengurangan kandungan estrogen pada tubuh mereka. Periset analisa ini berteori jika dampak pengurangan itu mempunyai potensi untuk kurangi efek kanker payudara.

Walaupun menarik, analisa kelanjutan akan dibutuhkan untuk memperkuat premis kompleks itu. 

2. Biji wijenBiji wijen seringkali ditaburkan untuk menyedapkan makanan. Biji-bijian yang kecil ini kaya dengan fitoestrogen serta dipercaya punya pengaruh pada level hormon estrogen wanita yang sudah melalui waktu menopause.

Dalam analisa itu, yang dimuat dalam the Journal of Nutrient, wanita yang konsumsi 50 gr bubuk biji wijen semasa lima minggu alami kenaikan estrogen. Kandungan cholesterol beberapa responden dalam analisa ini disampaikan dapat dikontrol.

3. Bawang putihApalah berarti tumisan tanpa ada bawang putih. Bawang putih tidak cuma melezatkan serta mengharumkan hidangan, tetapi disampaikan punya pengaruh pada level estrogen. Namun, analisa yang telah ada masih dilaksanakan pada hewan – hingga studi-studi kelanjutan akan dibutuhkan.

4. Buah persikBuah persik, atau yang sering disebutkan peach, adalah buah kekuningan dengan rasa yang manis. Kecuali memiliki kandungan mineral dan vitamin, buah persik disampaikan memiliki kandungan lignan, salah satunya tipe fitoestrogen.

Konsumsi makanan yang memiliki kandungan lignan disampaikan menolong turunkan efek kanker payudara sebesar 15% pada wanita yang sudah melalui waktu menopause. Ini diteorikan jika lignan mengubah produksi estrogen di pada tubuh – walaupun analisa kelanjutan masih dibutuhkan untuk memverifikasi faedah ini.

5. Flax seedsFlax seeds adalah buah kecil berwarna cokelat dengan bermacam faedah kesehatan. Flax seeds juga jadi salah satunya makanan yang memiliki kandungan ‘estrogen', yaitu lignan yang bisa berperan untuk fitoestrogen. Serta, biji-bijian ini memiliki kandungan lignan semakin tinggi sampai 800 kali dibanding makanan lain.

Seperti buah persik, lignan dalam flax seeds berpotensi untuk turunkan efek kanker payudara, khususnya pada wanita yang telah melalui menopause.

6. Sayur brokoliSayur brokoli adalah contoh lain dari makanan yang memiliki kandungan ‘estrogen'. Sayur brokoli serta saudaranya dalam sayur cruciferous, yaitu bunga kol, kantongi secoisolariciresinol yang disebut tipe lignan.

Tipe sayur cruciferous lain, yaitu brussel sprout serta kubis, memiliki kandungan coumestrol. Coumestrol adalah tipe fitonutrien yang disampaikan menolong menghalangi kesibukan estrogen.

7. Tahu serta tempeSeperti ‘induknya' yaitu kedelai, produk lain seperti tahu serta tempe juga memiliki kandungan isoflavon. Serta, tahu adalah produk turunan kedelai yang sangat banyak terkandung isoflavon. Untuk penambahan, kedua-duanya juga jadi panganan protein nabati yang kaya nutrisi lain.

[[artikel-terkait]]

Catatan dari SehatQ Makanan yang memiliki kandungan estrogen di atas dapat divariasikan dengan makanan sehat lain, dengan bagian yang tentu saja tidak terlalu berlebih. Jika Anda punya niat untuk mengaplikasikan diet tinggi estrogen seperti makanan di atas, Anda disarankan untuk konsultasi sama dokter terlebih dulu.

SHARE

Author: verified_user