Minggu, 27 September 2020

Kondisi Vagina yang Perlu Diwaspadai

SHARE


 Vagina yang sehat mempunyai beberapa ciri seperti tidak gatal, sakit, atau memunculkan sensasi terbakar. Tapi bila Anda merasai gatal dengan cara terus-terusan, atau keputihan yang memunculkan berbau yang mengganggu, kini waktunya Anda harus memeriksakan.


Berikut lima situasi vagina yang penting dicermati. Dari mulai rasa gatal sampai aroma yang kurang enak seperti dikutip Health.


1. Berasa gatal


Terkadang tempat selangkangan satu diantara anggota badan yang seringkali berkeringkat, atau benar-benar peka hingga tergesek saat mencukur juga dapat memunculkan cedera bakar. Tapi, gatal yang diakibatkan pada vagina mengisyaratkan jika ada suatu hal yang keliru. Sesaat kemauan untuk menggaruk bisa dipacu oleh reaksi alergi pada sabun, bakteri vaginosis, infeksi ragi, atau ada infeksi menyebar seksual (IMS).


"Walau beberapa wanita menyembuhkan situasi itu dengan sendiri, sebaiknya masih berkunjung ke dokter untuk cari tahu pemicu sebetulnya," sebut dokter obgyn asal AS, Michael Cackovic.


2. Aroma menganggu


Situs Slot Online Dengan Bonus Melimpah Berbau dapat diakibatkan oleh banyak hal seperti pilihan baju Anda, serta berapa banyak Anda berkeringat. Berbau vagina dapat ada kapanpun, dari yang mudah sampai menusuk.


"Tapi, itu semestinya tidak bau yang menusuk. Aroma yang mengganggu bisa berasal dari suatu hal yang simpel, sesimpel Anda mengganti langkah hidup atau suatu hal yang bertambah susah seperti infeksi," sebut Cackovic.


Mengubah pembalut jadi hal yang perlu untuk hindari berbau serta penimbunan bakteri yang dapat menyebabkan berbau pada vagina.


Beberapa hal yang bisa membuat siklus menstruasi jadi tidak teratur. Pengurangan berat tubuh, olahraga terlalu berlebih, serta depresi. Tetapi, bila Anda tidak lakukan tiga hal itu, Anda kemungkinan mempunyai polycystic ovarian syndrome (PCOS).


"Wanita dengan PCOS tidak alami ovulasi yang teratur. Tanpa ada ovulasi yang teratur, Anda tidak alami menstruasi yang teratur ," sebut ketua seksi ginekologi di Mayo Clinic, AS, Daniel Breitkopf.


Menstruasi dapat tiba beberapa waktu sekali atau serta berbeda sekali semasa beberapa waktu. Karakter PCOS yang lain ialah jerawat serta perkembangan rambut yang abnormal di wajah, punggung, atau dada.


4. Perkembangan waktu keputihan


Jumlah, persistensi, serta warna saat Anda keputihan benar-benar beragam. Tetapi, perkembangan yang diikuti sama warna, jumlah, serta berbau harus selekasnya diatasi.


"Perkembangan itu dapat berkaitan dengan perkembangan hormon, kehamilan, tingkat hidrasi, atau infeksi. Perkembangan warna dapat juga jadi sinyal IMS seperti klamidia serta gonore. Bila itu berlangsung lebih dari 2 hari, selekasnya ke dokter," sebut Cackovic.


Mendapatkan tonjolan dibagian vagina menjadi suatu hal yang mencekam. Tapi dalam umumnya masalah, tonjolan umumnya berbentuk jinak. Tonjolan kecil di bawah kulit vagina dapat berasal dari kelenjar yang terhalang karena penimbunan cairan.


"Penyumbatan ini umumnya larut serta hilang sendirinya. Bila itu ialah kista, maka dibarengi dengan rasakan sakit yang tetap tumbuh," sebut Cackovic.


Tonjolan seperti jerawat atau ruam merah di tempat vagina kemungkinan memberikan indikasi folikel rambut yang terhalang atau terkena. Situasi ini adalah efek dari mencukur, waxing, atau memakai legging beberapa jam.

SHARE

Author: verified_user